Perkembangan Peserta Didik
Tugas
inisiasi tutorial on line I
1.
Perkembangan fisik motorik akan mempengaruhi langsung
maupun tidak langsung terhadap perkembangan peserta didik karena pada dasarnya
pertumbuhan dan perkembangan fisik tubuh akan menentukan perkembangan
keterampilan motorik maupun perkembangan sosialnya.
Contohnya :
Anak yang memiliki berat tubuh yang tidak proposional akan merasa minder
terhadap teman atau dalam bergaul. Hal ini juga akan menghambat keterampilan motoriknya
akan menjadi lambat dalam bergerak. Sehingga anak yang lamban biasanya kurang
disukai dalam pergaulan antar teman sebaya. Jadi jelas sekali perkembangan
fisik motoriknya akan berpengaruh langsung maupun tidak langsung dalam
menentukan keterampilan bergerak anak dan cara anak memandang dirinya maupun
orang lain serta mempengaruhi cara penyesuaian diri dengan lingkungan.
2.
Keterampilan Dasar yang perlu dikuasai peserta didik
usia SD yaitu :
- Ketermpilan Menolong Diri Sendiri.
Keterampilan
ini perlu dikuasai oleh anak agar anak dapat mencapai kemandirian dan mampu
melakukan sesuatu bagi dirinya sehingga ini bisa bermanfaat bagi dirinya.
contohnya
: dalam berpakaian. kalau seorang anak dapat berpakaian sendiri tentu hal ini
bermanfaat bagi dirinya sehingga tidak perlu lagi menunggu orang tuanya untuk
membantunya berpakaian. Apalagi bila orang tua tidak ada dirumah.
- Keterampilan Menolong Orang Lain.
Keterampilan
ini diperlukan agar anak dapat diterima oleh kelompok sosialnya.
Contohnya
: Anak yang mempunyai kemampuan intelektual yang lebih dibandingkan temannya,
dengan kemampuannya tersebut anak dapat menolong temannya dalam mengerjakan
latihan / PR sehingga mereka lebih bisa diterima dalam sebuah kelompok sosial.
- Keterampilan Bermain.
Keterampilan
ini diperlukan agar anak dapat menikmati kegiatan kelompok dan menghibur diri.
Melalui keterampilan bermain anak belajar sesuatu, disamping untuk melatih
fungsi motorik kasar juga sebagai sarana sosialisasi dan mengukur kemampuan dan
juga untuk menempa emosi / sikap melalui kegiatan untuk mentaati peraturan pada
permainan sehingga bisa bersikap sportif.
Contohnya
: Bermain balok ( menyusun balok atau bermain olah raga ).
- Keterampilan Bersekolah.
Keterampilan
ini diperlukan agar anak dapat mengikuti dan berprestasi dalam belajar
disekolah. Pada keterampilan bersekolah ini banyak melibatkan keterampilan
motorik halus seperti melukis, menari dan lain –lain.
Contohnya
: Keterampilan anak dalam membaca dengan keterampilan ini anak akan mempunyai
wawasan yang lebih luas di banding dengan temannya.
3.
Peran kelompok dan permainan dalam penyesuaian sosial
anak SD.
Keberhasilan anak dalam perkembangan sosial ditunjukkan melalui
kemampuannya untuk melakukan penyesuaian sosial yaitu keberhasilan anak dalam
menyesuaikan diri terhadap orang lain dalam pergaulan sehari – hari. Jadi peran
kelompok dan permainan sangat penting karena dalam kelompok anak bisa
bersosialisasi dengan teman sebaya, belajar sikap sosial, mengembangkan sikap
sosial.
Demikian juga dalam permainan, disana anak belajar menempa emosi,
mengukur kemampuan dan bersosialisasi dengan kelompok dalam suatu permainan
sehingga mereka bisa berhasil dalam penyesuaian sosialnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar