Senin, 11 Juni 2012

Perkembangan Peserta Didik


Perkembangan Peserta Didik

Tugas inisiasi tutorial on line I
1.      Perkembangan fisik motorik akan mempengaruhi langsung maupun tidak langsung terhadap perkembangan peserta didik karena pada dasarnya pertumbuhan dan perkembangan fisik tubuh akan menentukan perkembangan keterampilan motorik maupun perkembangan sosialnya.
Contohnya :
Anak yang memiliki berat tubuh yang tidak proposional akan merasa minder terhadap teman atau dalam bergaul. Hal ini juga akan menghambat keterampilan motoriknya akan menjadi lambat dalam bergerak. Sehingga anak yang lamban biasanya kurang disukai dalam pergaulan antar teman sebaya. Jadi jelas sekali perkembangan fisik motoriknya akan berpengaruh langsung maupun tidak langsung dalam menentukan keterampilan bergerak anak dan cara anak memandang dirinya maupun orang lain serta mempengaruhi cara penyesuaian diri dengan lingkungan.
2.      Keterampilan Dasar yang perlu dikuasai peserta didik usia SD yaitu :
  1. Ketermpilan Menolong Diri Sendiri.
Keterampilan ini perlu dikuasai oleh anak agar anak dapat mencapai kemandirian dan mampu melakukan sesuatu bagi dirinya sehingga ini bisa bermanfaat bagi dirinya.
contohnya : dalam berpakaian. kalau seorang anak dapat berpakaian sendiri tentu hal ini bermanfaat bagi dirinya sehingga tidak perlu lagi menunggu orang tuanya untuk membantunya berpakaian. Apalagi bila orang tua tidak ada dirumah.
  1. Keterampilan Menolong Orang Lain.
Keterampilan ini diperlukan agar anak dapat diterima oleh kelompok sosialnya.
Contohnya : Anak yang mempunyai kemampuan intelektual yang lebih dibandingkan temannya, dengan kemampuannya tersebut anak dapat menolong temannya dalam mengerjakan latihan / PR sehingga mereka lebih bisa diterima dalam sebuah kelompok sosial.
  1. Keterampilan Bermain.
Keterampilan ini diperlukan agar anak dapat menikmati kegiatan kelompok dan menghibur diri. Melalui keterampilan bermain anak belajar sesuatu, disamping untuk melatih fungsi motorik kasar juga sebagai sarana sosialisasi dan mengukur kemampuan dan juga untuk menempa emosi / sikap melalui kegiatan untuk mentaati peraturan pada permainan sehingga bisa bersikap sportif.
Contohnya : Bermain balok ( menyusun balok atau bermain olah raga ).
  1. Keterampilan Bersekolah.
Keterampilan ini diperlukan agar anak dapat mengikuti dan berprestasi dalam belajar disekolah. Pada keterampilan bersekolah ini banyak melibatkan keterampilan motorik halus seperti melukis, menari dan lain –lain.
Contohnya : Keterampilan anak dalam membaca dengan keterampilan ini anak akan mempunyai wawasan yang lebih luas di banding dengan temannya.
3.      Peran kelompok dan permainan dalam penyesuaian sosial anak SD.
Keberhasilan anak dalam perkembangan sosial ditunjukkan melalui kemampuannya untuk melakukan penyesuaian sosial yaitu keberhasilan anak dalam menyesuaikan diri terhadap orang lain dalam pergaulan sehari – hari. Jadi peran kelompok dan permainan sangat penting karena dalam kelompok anak bisa bersosialisasi dengan teman sebaya, belajar sikap sosial, mengembangkan sikap sosial.
Demikian juga dalam permainan, disana anak belajar menempa emosi, mengukur kemampuan dan bersosialisasi dengan kelompok dalam suatu permainan sehingga mereka bisa berhasil dalam penyesuaian sosialnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar