Kamis, 26 Juli 2012

Dalam ilmu komputer



SISTEM OPERASI

Dalam ilmu komputer,sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen terhadap perangkat keras serta operasi-operasi dasar system yang ada, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata serta browser web.
Secara umum, sistem operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dansistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, schedulling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu sistem operasi
Secara umumsistem operasi terdiri dari beberapa bagian:
  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  2. Kernel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Beberapa contoh Sistem Operasi yang ada saat ini adalah:
  • Sistem Operasi Windows
Beberapa contoh versi windows adalah Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014).
  • Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  • Mac OS
Mac OS (Macintosh Operating System), merupakan sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh.
Mac OS sendiri dibagi menjadi 2:
  1. Mac OS “Klasik”, sistem yang mula-mula dikeluarkan untuk Mac yang pertama pada tahun 1984 sampai Mac OS 9.
  2. Mac OS X (huruf “X” itu disebut sepuluh yang merupakan angka romawi) yang lebih baru. Mac OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Sistem tahap rendah asasnya, Darwin yang berdasarkan Unix merupakan sumber terbuka

»»  READMORE...

Selasa, 24 Juli 2012

Laporan PPL



LAPORAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL )
DI SMP KERTAYASA TEBONGKANG
UBUD - GIANYAR













NAMA        : Ida Bagus Made Yuda Permana
NIM             : 2006.III.2.0629










INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ( IKIP ) PGRI BALI
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
PRODI PENDIDIKAN EKONOMI / KOPERASI
JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI / KOPERASI
2009




Lembar Pengesahan
Laporan PPL ini telah disetujui
                                         Tanggal :




      Kepala Sekolah                                                                   Guru Pamong
   SMP KERTAYASA





( Drs. I Gusti Ngurah Ardana )                                         ( Ida Bagus Putra Sudarsana )
NIP. 130 674 409                                                              NIP. 131 097 543










       Dosen Pembimbing                                                      Ketua Jurusan
                                                                              Pendidikan Ekonomi / Koperasi



Drs. Ida Bagus Oka Sudarsana,M.Pd )           ( Drs. Ida Bagus Oka Sudarsana,M.Pd )
NIP. 131 620 849                                                 NIP. 131 620 849











KATA PENGANTAR



Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan yang Maha Esa atas wara nugrahanya kepada penulis sehingga Laporan Praktek Pengalaman Lapangan ini terlaksana dengan baik.
Tujuan penulisan laporan ini adalah sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan mata kuliah pada Jurusan Pendidikan Sejaah FPIPS IKIP PGRI Bali. Oleh karena itu kritik dan saran penulis harapakan demi kesempurnaan laopran PPL ini.
Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus disertai penghargaan kepada :
  1. Drs. Ida Bagus Oka Sudarsana,M.Pd selaku Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi.
  2. Drs. Ida Bagus Oka Sudarsana,M.Pd selaku dosen pembimbing yang telah membimbing menyelesaikan laporan praktek pengalaman lapangan ini.
  3. Drs. I Gusti Ngurah Ardana selaku Kepala Sekolah SMP Kertayasa.
  4. Ida Bagus Putra Sudarsana,S.Pd selaku guru pamong yang banyak membimbing dan memberikan masukan atas terselesainya laporan ini.
  5. Bapak dan Ibu Guru beserta staf dan tenaga tata usaha SMP Kertayasa yang membantu Laporan Pengalaman Lapangan ini.
  6. Siswa-siswa SMP Kertayasa khususnya siswa kelas 7B
  7. Teman – teman Jurusan Pendidikan Ekonomi / Koperasi. ayah ibu, adik yang banyak memberikan dukunagn dan masukan dalam melaksanakan PPL di SMP Kertayasa.
Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan rahmatnya kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan PPL dan penyelesaian Laporan PPL ini.

                                                                                    Penulis





DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR PENGESAHAN............................................................................................ ii
KATA PENGANTAR.................................................................................................... iii
DAFTAR ISI................................................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................................. 1
1.1  Latar Belakang Masalah................................................................................ 1
1.2  Pengeertian PPL............................................................................................ 2
1.3  Tujuan............................................................................................................ 3
1.4  Sasaran Program Pengalaman Lapangan....................................................... 3
BAB II HASIL OBSERVASI KEADAAN SEKOLAH.............................................. 4
2.1  Profil Sekolah................................................................................................ 4
2.2  Fasilitas Sekolah............................................................................................ 5
2.3  Kegiatan Belajar Siswa.................................................................................. 6
2.4  Faktor Pendukung KBM............................................................................... 8
2.5  Faktor Penghambat KBM.............................................................................. 9
2.6  Cara Mengatasi Hambatan............................................................................. 9
BAB III PENUTUP........................................................................................................ 11
4.1  Kesimpulan.................................................................................................... 11
4.2  Saran.............................................................................................................. 11
LAMPIRAN  - LAMPIRAN

»»  READMORE...

Laporan Kersos


TUGAS

KKL ( KULIAH KERJA LAPANGAN )
KERSOS DI DESA KUBU, BANGLI





                  
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               












                                      NAMA     : I B Md Yuda Permana
                                      NIM         : 2006.III.2.0660

















 INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (IKIP) PGRI BALI

FALKUTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI / KOPERASI

PROGRAM STUDI EKONOMI / KOPERASI
2008
KATA PENGANTAR
           

            Dengan memanjatkan puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa / Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena berkat rahmatnya lah sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah atau paper ini sesuai dengan tugas yang diberikan pada Kerja Sosial yang dilaksanakan pada tanggal 23 – 25 Juli 2009.
            Penulis menyadari bahwa di dalam penyusunan tugas ini masih terdapat kekurangan oleh karena itu diharapkan saran dan kritik yang bersifatnya membangun demi penyempurnaan laporan ini . Semoga paper ini nantinya dapat memberikan manfaat bagi kami dan bagi pembaca. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih.


                                                                                    Denpasar. 04 Agustus 2009



                                                                                             Penulis

















BAB I
PENDAHULUAN
           
A.     Latar Belakang
      Pada tanggal 23 – 25 Juli 2009 IKIP PGRI Bali mengadakan kerja sosial di Desa Kubu Bangli. Kersos yang dilakukan untuk ke           20 kalinya ini IKIP PGRI Bali melakukan berbagai macam kegiatan dimana sebagai wujud dari pengabdian kepada     masyarakat. Kerja sosial yang merupakan salah satu dari Tri             Dharma Perguruan Tinggi wajib dilakukan oleh semua mahasiswa           yang telah menginjak semester VI ( Enam ). Di dalam kerja            sosial ini mahasiswa akan mendapatkan sertifikat yang nantinya      sebagai salah satu syarat pendaftaran wisuda. Sehingga      diwajibkan seluruh mahasiswa yang ikut kerja sosial dapat   mengikuti seluruh rangkaian acara kerja sosial yang hanya    dilakukan setiap satu tahun sekali ini. IKIP PGRI Bali membawa       peserta kerja sosial tahun 2009 ini sebanyak 980 orang dan 100        Dosen yang ikut serta sebagai pembimbing dari pada mahasiswa            sesuai dengan jurusannya masing – masing. Dari sekian banyak       peserta yang ikut mereka di wajibkan membawa sapu dan alat alat bersih – bersih lainnya untuk mengadakan kegiatan pembersihan pada area Desa Kubu. Kegiatan yang juga dilakukan pada kerja sosial tahun ini pada fakultas pendidikan dan ilmu pengetahuan sosial terutama jurusan ekonomi adalah melakukan KKL (Kuliah Kerja Lapangan ). Dengan mendengarkan ceramah dari pengurus LPD dan Koperasi yang ada di Desa Kubu Bangli.

B.      Tujuan dan Manfaat
      Pembuatan paper ini mempunyai manfaat dan tujuan yaitu :
1.      Sebagai hasil laporan nyata yang didapatkan dari Kuliah Kerja Lapangan mengenai LPD dan Koperasi
2.      Untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Pembimbing
3.      Dan manfaat bagi mahasiswa adalah dapat memahami pern serta LPD dan Koperasi pada Desa Kubu Bangli di dalam meningkatkan kesejahteraan hidup warganya.



BAB II
Pembahasan Kegiatan

II. Jadwal kegiatan Kersos IKIP PGRI BALI
1.      Kamis 23 Juli 2009
      08.00 Wita                           Berangkat Ke Tempat KERSOS
      09.00 – 10.00 Wita              Registrasi Peserta Kersos
      10.00 – 11.00 Wita              Persiapan Pembukaan Kersos
      11.00 – 12.00 Wita              Pembukaan Kersos
      12.00 – 13.00 Wita              Istirahat Makan Siang
      14.00 – 17.00 Wita              Kerja Bakti ( FIP,FPIPS,FPOK )
      17.00 – 18.00 Wita              Istirahat Makan malam
      18.30 – Selesai                     Persembahyangan Bersama di                                                                     Pura Hyang Waringin
      19.00 -  Selesai                     Ceramah Tentang Adat dan                                                                         Pemberdayaan Desa Pakraman                                                                       Melalui Tri Hita Karana
2. Jumat 24 Juli 2009
      07.00 – 08.00 Wita              Sarapan Pagi
      08.00 – 13.00 Wita              PKL ( LPD dan Koperasi )
      13.00 – 17.00 Wita              Istirahat
      20.30 – selesai                      Hiburan
3. Sabtu 25 Juli 2009
      05.00 – 07.00 Wita              jalan Santai
      07.00 – 08.00 Wita              Sarapan Pagi
      09.00 – 11.00 Wita              Persiapan acara penutupan
      11.00 – 13.00 Wita              Acara Pentupan







BAB III
Pembahasan PKL Jurusan Ekonomi
 Pada LPD dan Koperasi

III.1 Kegiatan Jurusan Ekonomi ( FPIPS ) pada Jumat 24 Juli 2009 LPD dan Koperasi
            Kegiatan yang dilakukan adalah mengikuti ceramah dan tanya jawab mengenai perkembangan LPD dan Koperasi Desa Adat Kubu sebagai lembaga keuangan .Tujuan dari didirikannya Lembaga Perkreditan Desa Pakraman Kubu dan Koperasi Serba Usaha Upadana Mertha adalah untuk meningkatkan taraf hidup krama desa , mempermudah masyarakat ,meminjam maupun menyimpan modalnya sehingga memperlancar roda perekonomian masyarakat desa.
           
PEMBAHASAN LPD

A.     Keadaan Usaha

No
PERKIRAAN
Tahun 2007
( Rp )
Tahun 2008
( Rp )
Kenaikan
Perubahan
1
Total Asset
2.195.947.339


2.776.699.434
580.752.035
26 %
2
Dana Masyarakat
1.378.507.993
1.803.612.439
425.104.446
31 %
3
Pinjaman Diberikan
1.867.075.762
2.431.266.349
564.190.587
30 %
4
Pendapatan
424.166.670

548.405.853.
124.239.183
29 %
5
Pembiayaan
216.454.413

265.494.320
49.039.907
23 %
6
Laba Usaha
207.712.526

282.911.533
75.199.007
36 %


B.      Penunjang Usaha
1.      Administarsi
Kegiatan administrsi yang dilakukan dalam pengelolaan LPD desa Pakraman Kubu sepenuhnya diatur melalui Peraturan    Daerah Propinsi Bali Nomor 8 Tahun 2002. Petunjuk dari Tim Pembina Teknis baik di tingkat Propinsi maupun Kabupaten, petunjuk dari Badan Pengawas dan juga              peraturan daerah yang dibuat oleh krama desa baik dalam bentuk Perarem maupun dalam bentuk Awig – awig.
2.      Organisasi
Sesuai dengan PERDA Bali No. 8 Tahun 2002 Bab IV pasal 11 menyebutkan bahwa organisasi LPD terdiri dari             pengawas yang dipilih oleh krama desa. Susunan Pengurus terdiri dari seorang kepala, tata usaha dan seorang kasir yang bernama Pengawas terdiri dari ketua dan 2 orang anggota. LPD Desa Pakraman Kubu juga memiliki seorang petugas lapangan yang diangkat berdasarkan keputusan krama desa.
Badan Pengurus :
      1. I Nengah Susantha                                      Ketua
      2. Ni Nyoman Sumariani                                Tata Usaha
      3. I Wayan Sutiara                                          Kasir
      4. I Ketut Pariasa                                            PDL
Badan Pengawas :
      1. I Wayan Sugiawan,S.Sos.,M.Ag                Ketua
      2. I Made Sudharma,Sm.Hk                           Anggota
      3. Drs. I Nyoman Arimbawa                          Anggota
3.      Inventaris
            Dalam tahun 2008 LPD Desa Pakraman Kubu telah menambah jumlah inventaris sebesar Rp. 2.530.000 dalam bentuk meka jati, meja komputer dan money tester. Dan jumlah inventaris secara keseluruhannya adalah Rp. 19.207.040


PEMBAHASAN KOPERASI

C.      Kegiatan Usaha
Kegiatan usaha Koperasi Serba Usaha Upadana Mertha Kelurahan Kubu berkaitan dengan usaha simpan pinjam dan Pertokoan atau Waserda, unit – unit yang sudah diprogramkan adalah :
1.      Unit Simpan Pinjam A Usaha dari awal
2.      Unit Simpan Pinjam B Dana bergulir BBM
3.      Unit Waserda ( Warung Serba Ada ) menjual kebutuhan masyarakat dan Anggota.
Pemupukan Modal Koperasi Serba Usaha Upadana Mertha Kelurahan Kubu didapat dari Simpanan Pokok , Simpanan Wajib, Simpanan Sukarela, Tabungan Manasuka, Simapanan Berjangka, bantuan Bergulir BBM dan Kredit BRI.
Posisi modal Koperasi Serba Usaha Upadana Mertha Kelurahan Kubu Per 31 Desember 2008 yaitu sebesar Rp. 534.244.751 dengan perincian sebagai berikut :
Unit Simpan Pinjam
1. Simpanan Pokok                                               Rp.    1.320.000
2. Simpanan Wajib                                                Rp.  55.968.000
3. Simpanan sukarela                                            Rp.  62.298.776
4. Tabungan                                                          Rp. 105.946.367
5. Kredit dana BBM                                             Rp. 100.000.000
Jumlah                                                                         Rp. 325.533.143

Unit Waserda
1. Kredit di BRI                                       Rp. 135.000.000
2. Simpanan Berjangka                             Rp.   25.602.508
3. Donasi                                                   Rp.   48.109.100
Jumlah                                                             Rp. 208.711.608
Jumlah Keseluruhan                                        Rp. 534.244.751


Susunan Pengurus Koperasi Upadana Mertha Kelurahan Kubu
Badan Hukum : 10/BH/PAD/KWK.22/II/1996
SUSUNAN PENGURUS
1. Ketua                                  : I Wayan Lentong
2. Sekretaris                            : Drs, I Nyoman Arimbawa
3. Bendahara                           : I Ketut Sudin
4. Anggota Pengurus              : I Wayan Suryawan Asti
5. Anggota Pengurus              : I Nyoman Sarjana

BADAN PENGAWAS

1. Ketua                                              : I Ketut Polih
2. Anggota                                          : Drs. I Nengah Kawan
3. Anggota                                          : Ni Ketut Sumiarsih











»»  READMORE...

Ciri-ciri pemimpin


Ketika memberi kata pengantar dalam buku The Leader of the Future, guru manajemen Peter Drucker membuat daftar perilaku pemimpin efektif, termasuk para pemimpin informal, berikut ini:
  1. Mereka tidak mulai dengan pertanyaan ” Apa yang ingin saya kerjakan?”. Mereka memulai dengan pertanyaan, “Apa yang harus saya kerjakan?”
  2. Setelah itu mereka bertanya, “Apa yang bisa dan harus saya kerjakan untuk melakukan perubahan?” Ini harus menjadi parameter apa yang perlu dikerjakan dan harus cocok dengan kekuatan-kekuatan pemimpin serta cara-cara yang paling efektif.
  3. Mereka selalu bertanya, “Apakah misi dan tujuan-tujuan perusahaan? Apakah yang menjadi kinerja dan hasil-hasil perusahaan ini?”
  4. Mereka sangat toleran terhadap keragaman karyawannya dan tidak ingin membentuk bawahannya itu persis seperti dirinya. Jarang mereka bertanya, “Benarkah saya menyukai atau membenci orang ini?” Tapi mereka benar-benar tidak toleran -tanpa pandang bulu-ketika berhadapan kinerja, standar-standar, nilai-nilai karyawan.
  5. Mereka tidak takut terhadap kelemahan karyawannya. Mereka bangga dengan ketidaksempurnaan ini. Tidak perduli apakah mereka pernah mendengar atau tidak tentang ini, motto mereka adalah apa yang oleh Andrew Carniege ingin ditulis orang di atas pusaranya:”Disini berbaring laki-laki yang selalu mendorong orang lain bekerja lebih baik dibanding dirinya sendiri”.
  6. Dengan cara apapun. mereka berusaha selalu mematuhi “tes cermin” yaitu mereka haris yakin bahwa orang yang mereka lihat didalam cermin setiap hari adalah sosok pribadi yang mereka inginkan, hargai dan percayai. Dengan cara ini, mereka membentengi dirinya terhadap godaan terbesar seorang pemimpin – mengerjakan hal-hal yang biasa dilakukan (rutinitas), bukannya menuntaskan hal-hal yang perlu diselesaikan.
  7. Akhirnya, para pemimpin ini bukanlah tukang kotbah, mereka adalah pelaksana.
»»  READMORE...