RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP : SMP
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial.
Kelas Semester : VII/2
Standar Kompetensi
: 4. Memehami usaha manusia untuk mengenali perkembangan
lingkungannya
Kompetensi Dasar
: 4.1. Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan
objek
geografi.
Indikator :
·
Membuat sketsa wilayah dan objek geografi.
·
Menentukan skala peta.
·
Menentukan symbol-simbol geografi pada peta.
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran (2x pertemuan).
A. Tujuan pembelajaran.
Sesetelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran,
siswa dapat :
1.
Membuat sketsa wilayah dan objek geografi tertentu.
2.
Menentukan skala peta bedasarkan skala angka.
3.
mengidentifiaksi jenis-jenis skala peta.
4.
Menentukan symbol-simbol geografi pada peta.
5.
Menentukan jenis-jenis symbol pada peta.
B. Materi Pembelajaran.
1.
tehnik-tehnik pembuatan peta / sketsa.
2.
Membuat sketsa wilayah (sekolah) tertentu.
3.
Menentukan skala peta dan jenis-jenis skala peta.
4.
Simbol-simbol geografi dan jenis-jenis symbol pada
peta.
C. Metode Pembelajaran.
1.
Ceramah bervariasi.
2.
Diskusi.
3.
Tanya jawab.
4.
Cemonstrasi.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran.
1.
Pertemuan I.
a.
Pendahuluan.
·
Apersepsi : Memperhitungkan contoh sketsa (denah)
suatu wilayah.
·
Motivasi :
Siswa diminta untuk mengidentifikasi tentang
contoh sketsa.
Siswa diminta menyebutkan komponen sketsa.
b.
Kegiatan inti.
·
Siswa dibagi dalam 4 kelompok.
·
Setiap kelompok diberi tugas membuat sketsa
dengan tema yang berbeda.
·
Siswa diminta untuk keluar kelas untuk
mengobservasi tentang sketsa yang dibuat.
·
Siswa diminta kembali ke kelas dan membuat
sketsa sebenarnya dan sekaligus menentukan skalanya.
·
Siswa diminta melanjutkan dirumah.
c.
Penutup.
·
Penilaian.
·
Refleksi : siswa mengumpulkan kesan melakukan
observasi dan membuat sketsa serta menentukan skalanya.
2.
Pertemuan II.
a.
Pendahuluan.
·
Apersepsi : Berikan definisi tentang sketsa.
·
Motivasi :
Siswa diminta untuk saling menukar sketsa.
Siswa diminta menjelaskan tentang sketsa, yang
diterima dari kelompok lain.
b.
Kegiatan inti.
·
Siswa diminta melanjutkan membuat symbol-simbol
yang ada pada sketsa yang dibuat.
·
Masing-masing kelompok mempresentasikan tentang
sketsa yang dibuat.
c.
Penutup.
·
Penilaian.
·
Refleksi : siswa diminta menyimpulkan manfaat
sketsa dalam kehidupan sehari-hari.
E. Sumber dan Media Pembelajaran.
1.
Peta.
2.
Contoh sketsa.
3.
Kertas manila.
4.
Lembar penilaian psikomotorik.
5.
OHP.
6.
Buku IPS yang relevan (IPS Terpadu dan kontekstual
untuk SMP/MTs kelas VII, Pengarang : Joko Ilham, Suhadi Purwantara Pramesthi N,
Pratiwi, Dwi Nastiti, halaman 107, Penerbit ; Mediatama).
F. Penilaian.
1.
Tehnik Penilaian :
a.
Tes untuk kerja.
b.
Observasi.
c.
Portfolio.
d.
Penguasaan.
2.
Bentuk instrument :
a.
Uji petik kerja produk.
3.
Soal / Instrument :
1)
Buatlah sketsa tempat tinggalmu (uji petik produk)!
2)
Tentukan skala sketsa, yang telah kamu buat!
3)
Tentukan symbol-simbol objek yang ada di lingkungan
tempat tinggalmu dan tempatkan pada sketsa yang telah kamu buat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar